Selasa, 09 Maret 2010

ANALISIS MOBILE BANKING

Mobile Banking
m-BCA
m-BCA adalah fasilitas perbankan yang dapat diaplikasikan melalui fasilitas mobile seperti handphone.
Keuntungan dan kenyamanan bertransaksi melalui m-BCA :
• mudah karena terdapat pilihan menu mudah digunakan untuk bertransaksi,
• pengguna dapat bertransaksi dimana saja dan kapan saja melalui ponsel,
• nyaman karena pengguna seperti menggunakan ATM dalam proses transaksi kecuali penarikan tunai.
Cara memperoleh layanan m-BCA :
• Pemegang kartu ATM BCA
• Melakukan regristrasi/pendaftaran di ATM atau kantor cabang BCA terdekat
• Melakukan aktivasi di ponsel untuk transaksi m-Info, m-Payment, dan m-Admin
• Melakukan aktivasi pin di cabang BCA terdekat untuk transaksi m-Transfer dan m-Commerce
Transaksi yang dapat dilakukan melalui m-BCA :
• m-Info (informasi saldo, mutasi rekening, info kurs, info suku bunga tabungan, info kode bank untuk mengetahui kode transfer antar bank,info kode perusahaan yang digunakan untuk m-Payment dan m-Commerce, info nomor kupon undian Gebyar Tahapan BCA, info rekening deposito).
• m-transfer untuk transfer ke rekening BCA atau ke bank lain.
• m-Payment untuk pembayaran tagihan kartu kredit, PLN, PAM, telepon,asuransi, pendidikan, dll
• m-Commerce untuk pembelian pulsa isi ulang, saham, dll
• m-Admin untuk aktivasi dan ganti PIN
Limit transfer antar rekening BCA
• Rp 15 juta per hari bagi Kartu ATM Silver
• Rp 25 juta per hari bagi Kartu ATM Gold/Tapres/BCA Dollar
• Rp 75 juta per haribagi Kartu Platinum

m-Banking Mandiri
Cara memperoleh layanan m-Banking Mandiri:
• Telah menjadi nasabah Bankl Mandiri
• Mendaftar SMS Banking Mandiri di ATM atau Cabang Bank Mandiri.
Keuntungan m-Banking Mandiri:
• Mudah dan fleksibel karena transaksi hanya menggunakan fasilitas SMS
• Lebih efisien, biaya transaksi hanya sebesar biaya sms + Rp 500
• Memkai semua jenis SIM Card tetapi transaksi dengan memilih menu hanya dinikmati oleh pengguna navigator Telkomsel, Life In Hand XL, Matrix, dan Mentari Indosat.
Jenis transaksi :
• Transfer uang (transfer antar rekening Bank Mandiri dan Antar Bank lainnya)
• Cek saldo (saldo rekening tabungan, valas, dan pinjaman)
• Informasi (informasi tagihan Mandiri Visa, mengetahui suku bunga deposito, tabungan dan kurs valuta asing)
• Pembayaran dan pembelian
• Notifikasi SMS (penolakan cek/bilyet giro, jatuh tempo rekening deposito)
• Perubahan PIN

BNI Mobile
BNI Mobile adalah fasilitas layanan perbankan melalui handphone yang digunakan untuk transfer dana, bayar tagihan dan isi ulang pulsa, serta mengecek saldo dan mutasi seluruh rekening tabungan, giro dan pinjaman.
Cara memperoleh BNI Mobile :
• Lakukan regristrasi melalui BNI ATM
• Mendownload dan install aplikasi BNI Mobile (pastikan handphone memiliki Java MiDP v 2.0, memory min 140 kb, dan layanan GPRS telah aktif)
• Untuk bertransaksi finansial lakukan aktivasi di Kantor Cabang BNI
Jenis Transaksi di BNI Mobile :
• Transaksi Non Finansial (informasi saldo seluruh rekening dalam 1 CIF berupa tabungan, giro, deposito dan pinjaman, Informasi mutasi rekening 5 tahun terakhir)
• Transaksi Finansial (transfer dana antar rekening Bank BNI, pembayaran tagihan dan pembelian pulsa, pembayaran ZIS dan Kurban)

Menurut saya dari ketiga mobile banking di atas saya memilih m-BCA karena memiliki banyak fitur-fitur atau layanan-layanan yang lebih lengkap daripada mobile banking lainnya mulai dari pembayaran berbagai tagihan, transfer ke BCA atau ke antar bank,mengetahui informasi saldo atau info-info perbankan lainnya. Banyaknya kantor cabang Bank BCA dan ATM BCA dapat membuat kita lebih mudah untuk memperoleh layanan m-BCA.

Referensi :
http://www.xl.co.id/XLPrabayar/LayananStandar/MBanking.aspx
http://www.klikbca.com/individual/prioritas/product.html?s=12
http://www.bankmandiri.co.id/article/sms-keuntungan-dan-jenis-transaksi.asp
http://www.bni.co.id/eBanking/BNIMobile/tabid/356/lang/en-US/Default.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar